-->

Eko Sipil

Berbagi Informasi Kesehatan, Bisnis dan Teknologi

Cara Screenshot di Komputer atau Laptop

AssalamualaikumWr Wb. Posting kali ini blog Eko Sipil akan berbagi Cara Screenshot di Komputer atau Laptop, namun sebelum lanjut ke tutorialnya perlu saya jelaskan dulu apa itu screenshot ya. Screenshot adala proses pengambila gambar layar komputer / laptop baik secara penuh ( full screen ) atau sebagian. Istilah screenshot selain digunakan di layar komputer bisa juga digunakan dilayar HP, namun kali ini tutorial yang akan berikan adalah Cara Screenshot di Komputer atau Laptop khususnya Operating System Windows. Untuk tujuan screenshot itu bermacam - macam tergantung penggunanya, ada yang ingin mengabadikan kegiatan di komputernya, ada yang buat tutorial seperti gambar yang saya sajikan diposting ini adalah hasil screenshot.

Untuk Cara Screenshot di Komputer atau Laptop ada berbagai macam cara, namun yang akan saya share cukup 2 cara saja yang paling digunakan dan mudah karena biasanya udah bawaan dari windows itu sendiri. 
Cara Pertama Screenshot di Komputer atau Laptop adalah dengan menggunakan tombol PRINT SCREEN yang ada di keyboard komputer atau Laptop. Untuk cara ini cukup tekan tombol saja dan untuk melihat hasilnya sobat bisa membuka program Image Editor favorit sobat misal Paint, Photoshop atau yang lainnya dan PASTE atau CTRL+V. Pada gambar dibawah ini saya menggunakan Image editor Paint bawaan windows.


Untuk Cara Screenshot di Komputer atau Laptop menggunakan tombol Print Screen hanya bisa mengambil layar secara keseluruhan alias fullscreen.

Cara kedua Screenshot di Komputer atau Laptop yaitu dengan menggunakan program bawaan windows yang bernama SNIPPING TOOL posisi program berada di Accessories - Snipping Tool.
Untuk Cara Screenshot di Komputer atau Laptop dengan snipping tool banyak kelebihan yaitu kita bisa suka - suka mengambil ukuran atau bentuk layar komputer yang kita mau yaitu ada 4 pilihan yaitu : Free Form Snip, Rectangular Snip, Window Snip, dan Full-Screen snip. Kelebihan laindari Snipping tool ini untuk mengetahui hasil screenshot bisa langsung kelihatan jadi tidak perlu membuka program image editor.
Gambar diatas ini adalah Cara Screenshot di Komputer atau Laptop menggunakan Sipping Tool - Free-Form Snip.

Demikian Cara Screenshot di Komputer atau Laptop semoga apa yang saya share bisa bermanfaat buat teman - teman yang berkunjung ke blog ini , saya ucapkan banyak terima kasih yang sudah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa share link blog ini ke social media seperti facebook atau twitter agar teman yang lain juga bisa mengambil ilmu dari yang saya bagikan. Akhir kata Wassalamualaikum wr wb.

Baca juga:

0 comments



Emoticon