-->

Eko Sipil

Berbagi Informasi Kesehatan, Bisnis dan Teknologi

Cara Membersihkan File Sampah Secara Permanen Di Laptop atau Komputer Tanpa Software CCleaner

Assalamualaikum wr wb, Kali ini saya akan berbagi Cara Membersihkan File Sampah Secara Permanen Di Laptop atau Komputer Tanpa Software CCleaner. Sobat semua tentunya sobat biasa menggunakan laptop atau komputer kan? Tanpa kita sadari laptop atau komputer yang kita gunakan sehari - hari semakin lama hardisknya semakin penuh apalagi di drive atau folder C kapasitas semakin meningkat. Padahal kita jarang atau tidak pernah sama sekali menambahkan atau install software baru tapi kok folder C makin lama makin penuh. Nah kalau sobat menemui kasus seperti itu berarti banyak atau menumpuknya file sampah di folder C, maka harus segera dibersihkan agar kapasitas folder C lebih longgar dan tentunya mempengaruhi terhadap kinerja laptop atau komputer kita. Dari permasalahan tentang permasalahan file sampah tersebut maka dalam artikel kali ini saya akan berbagi Cara Membersihkan File Sampah Secara Permanen Di Laptop atau Komputer Tanpa Software CCleaner.

Kalau tanpa software tambahan seperti CCleaner terus caranya bagaimana? kalau sobat dalam bertanya seperti itu,saya akan jawab bahwa sebenarnya windows dalam OS nya sudah dilengkapi dengan sistem pembersih atau cleaner file - file sampah seperti file cache, file temporary, file coockies ataupun file histori saat kita browsing menggunakan browser seperti mozilla firefox dan google chrome ataupun browser yang lain. Jadi untuk membersihkan file sampah di komputer tersebut tanpa menggunakan sofware CCleaner maka kita menggunakan fasilitas dari OS Windows dengan perintah dari RUN, berikut adalah Cara Membersihkan File Sampah Secara Permanen Di Laptop atau Komputer Tanpa Software CCleaner.

Untuk merbersihkan file sampah dengan perintah RUN yaitu tekan tobol WINDOWS + R makan akan muncul box RUN silahkan ketikan “%temp%” ( tanpa tanda petik 2) maka sobat akan dibawa ke folder yang berisi file sampah atau temporary.

Selanjutnya pilih semua atau Select All dengan cara tekan tombol keyboard CTRL+A langsung tekan tombol DELETE maka semua file sampah akan terhapus.

Untuk cara lainnya Membersihkan File Sampah Secara Permanen Di Laptop atau Komputer Tanpa Software CCleaner adalah dengan memanfaatkan DISK CLEAUP bawaan OS windows yaitu Buka Windows Explorer kemudian pada drive atau folder C klik kanan pilih PROPERTI, kemudian pada Tab General klik DISK CLEANUP.

Sampai pada box Disk Cleanup makan maka file yang telah tercentang akan terhapus dengan klik OK.

Sangat simpel banget kan, Cara Membersihkan File Sampah Secara Permanen Di Laptop atau Komputer Tanpa Software CCleaner. Silahkan dipraktekan dan hasilnya memuaskan, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, Wassalamualaikum.

Baca juga:

0 comments



Emoticon