-->

Eko Sipil

Berbagi Informasi Kesehatan, Bisnis dan Teknologi

Cara Mencari Koordinat Baru Dari Satu Titik Koordinat, Jarak dan Azimuth

Melanjutkan posting saya sebelumnya tentang cara Menghitung Jarak dan Azimuth Antara 2 Titik Koordinat maka posting kali ini saya akan berbagi Cara Mencari Koordinat Baru Dari Satu Titik Koordinat, Jarak dan Azimuth dimana maksud dari tulisan saya kali ini adalah kita akan mencari Titik Koordinat baru dengan diketahui 1 titik yang sudah diketahui nilai koordinatnya, jarak dan azimuthnya. Bila ketiga syarat tersebut sudah diketahui maka kita bisa mencari titik koordinat baru dengan rumus yang akan saya tuliskan dan jelaskan dibawah.

Berikut Rumus Cara Mencari Koordinat Baru Dari Satu Titik Koordinat, Jarak dan Azimuth.

Mencari X Baru = Sin Azimuth x Jarak + Koordinat X Awal
Mencari Y Baru = Cos Azimuth x Jarak + Koordinat Y Awal

Dari rumus Cara Mencari Mencari Koordinat Baru tersebut sekarang kita hitung dengan contoh kasus dibawah ini.

Diketahui
Koordinat Awal kita sebut T1 X = 728.259 Y = 745.419
Jarak = 116.111 m
Azimuth = 92° 33' 48"

Jawab :
X Baru =  Sin 92° 33' 48" x 116.111 + 728.259 = 844.254
Y Baru = Cos 92° 33' 48" x 116.111 + 745.419 =740.226

Terjawab sudah  Cara Mencari Koordinat Baru Dari Satu Titik Koordinat, Jarak dan Azimuth, semoga cara yang saya bagikan bisa bermanfaat silahkan bagikan tulisan ini keteman - teman anda di media sosial seperti facebook dan WA karena sedikit ilmu akan bermanfaat jika kita mau berbagi kepada yang belum tahu.

Baca juga:

1 comments

avatar

Lalu bagaimana jika hanya jaraknya saja yg diketahui

Balas delete



Emoticon