-->

Eko Sipil

Berbagi Informasi Kesehatan, Bisnis dan Teknologi

Jenis - jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Intensitas Waktu Sifat dan Subjek

Jenis - jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Intensitas Waktu Sifat dan Subjek. Manusia hidup di dunia ini pasti mempunyai kebutuhan, karena kebutuhan merupakan sesuatu hal keinginan yang muncul secara naluriah dan pasti dialami setiap manusia guna mempertahankan hidupnya. Setiap orang memiliki kebutuhan yang tidak sama, misal orang tua dengan anak - anak tentu kebutuhanya berbeda, begitu pula anak SD, SMP, SMA dan Anak Kuliahan kebutuhan mereka berbeda - beda alias tidak sama. Dan kebutuhan manusia dibagi menjadi berbagai macam, dari banyaknya macam - macam jenih kebutuhan manusia tersebut maka pada tulisan kali ini saya akan memaparkan tentang Jenis - jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Intensitas Waktu Sifat dan Subjek.

1. Kebutuhan Menurut Intensitas Kenunaanya ( Penting atau tidaknya suatu kebutuhan )
Kebutuhan berdasarkan intensitasnya atau penting tidaknya suatu kebutuhan dibedakan atau dibagi menjadi 3 ( tida ) yaitu Kebutuhan Primer, Kebutuhan Skunder, dan Kebutuhan Tersier.

  • Kebutuhan Primer merupakan kebutuhan yang wajib atau kebutuhan yang utama harus terpenuhi karena berkaitan dengan keberlangsungan hidup seorang manusi. Kenapa kebutuhan primer merupakan kebutuhan utama yang harus dipenuhi? karena kebutuhan primer menjadi kebutuhan dasar manusia, sebagai contoh kebutuhan primer adalah makanan, pakaian ( sandang ), papan atau tempat tinggal / rumah. Kebutuhan tersenut sangat dibutuhkan manusia guna melangsungkan atau mempertahankan hidup.
  • Kebutuhan Skunder merupakan kebutuhan yang dipenuhi bila kebutuhan skunder sudah terpenuhi, artinya disini adalah kebutuhan kedua. Karena tanpa adanya kebutuhan skunder pun seseorang masih bisa melangsungkan atau mempertahankan hidup. Contoh kebutuhan skunder adalah tentang kepemilikan sepeda motor, televisi, smartphone dll.
  • Kebutuhan Tersier adalah kebutuhan yang bisa terpenuhi setelah kebutuhan primer dan kebutuhan skunder terpenuhi, biasanya kebutuhan tersier ini bisa terpenuhi jika seseorang tersebut benar - benar mampu dari segi ekonomi alias orang kaya. Kebutuhan tersier tersebut contohnya adalah kepemilikan berlian, apartmen, mobil mewah. Kalau bukan orang yang benar - benar kaya tentu tidak akan mampu membeli barang - barang tersebut.

2. Kebutuhan Menurut Sifatnya
Untuk kebutuhan yang berdasarkan pada sifatnya ini sebenarnya ya kita buduhkan dan kita rasakan pada diri kita sangat erat kaitanya sama keadaan jasmani dan rohani diri seseorang. Kenapa kok kaitanya sama jasmani dan rohani, karena yang kita butuhkan akan masuh baik ketubuh kita secara jasmani ataupun masuk kehati dan pikiran untuk rohani. 

  • Kebutuhan Jasmani tersebut kita butuhkan agar jasamni kita tetap sehat maka apa yang kita butuhkan adalah makanan yang sehat sesuai porsinya, kemudian olah raga yang cukup, jangan terlalu lelah dalam berkatifitas sehingga waktu istirahat cukup.
  • Kebutuhan Rohani merupakan kebutuhan yang berkaitan denga hati, perasaan, ketenangan, sebagai contoh adalah hubungan kita terhadap sang pencipta tentunya kita perlu ibadah, kita juga perlu hiburan berkaitan dengan perasaan ataupun sosial kemasyaratan yang menjadi kebutuhan hubungan sosial.

3. Kebutuhan Berdasarkan Waktu
Yang dimaksud dengan kebutuhan menurut waktu disini berkaitan dengan kapan kebutuhan tersebut harus dipenuhi, yaitu apakah harus segera dipenuhi saat ini juga atau besok nanti, atau kapan - kapan.
  • Kebutuhan Waktu Sekarang merupakan kebutuhan yang harus atau segera dipenuhi saat itu juga, sebagai contoh jika seseorang kelaparan maka saat itu juga harus makan.
  • Kebutuhan Waktu Mendatang ialah suatu kebutuhan yang sifatnya terencana yang bisa dipenuhi dengan waktu kita tentukan, contoh kebutuhan waktu mendatang adalah kebutuhan pendidikan, kebutuhan tersebut bisa kita penuhi karena ada perencanaan.
  • Kebutuhan Yang Tidak Tentu Waktu merupakan kebutuhan yang tiba - tiba harus terpenuhi karena kita tidak tahu pasti kebutuhan tersebut akan terjadi, sebagai contoh bila ada seseorang terkena musibah misal saudara kita, tentunya kita segera memberi bantuan kepada mereka.

4. Kebutuhan Berdasarkan Subjek
Untuk kebutuhan subjek ini akan dibedakan atau dibagi menjadi 2 bagian yaitu :
  • Kebutuhan Individu merupakan kebutuhan yang bersifat kediri sendiri masing - masing individu atau perorangan, karena kebutuhan seseorang yang satu dengan yang lainya akan sangat berbeda alias tidak sama sehingga yang dibutuhkan juga sangat berbeda. Sebagai contoh adalah seseorang yang bekerja di kantoran tentunya membutuhkan komputer untuk menunjang pekerjaannya sedangkan orang yang bekerja sebagai petani tentunya membutuhkan alat pertanian. Contoh kedua adalah kebutuhan anak Sekolah Dasar yang jaraknya dekat cukup butuh sepeda sedangkan anak kuliahan yang jaraknya jauh perlu sepeda motor.
  • Kebutuhan Kolektif merupakan kebutuhan yang dibutuhkan manusia secara bersama, sebagai contoh adalah kebutuhan jalan, kebutuhan tempat ibadah, kebutuhan fasisiltas kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit.

Cukup jelas kan pemaparan tentang Jenis - jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Intensitas Waktu Sifat dan Subjek yang berkaitan denga ekonomi kita, semoga artikel ini bermanfaat buat teman - teman yang sudah berkunjung ke blog ini.

Baca juga:

0 comments



Emoticon